AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin

Ketika kita sedang mengendarai mobil di bawah terik sinar matahari, tiba-tiba saja AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Menyebalkan bukan? Lantas bagaimana cara mengatasinya? atau apa saja yang perlu diperhatikan?

Seringkali banyak dijumpai kasus di mana AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Anda pernah mengalaminya juga? Banyak yang tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika mengalami AC mobil tidak dingin. Terlebih saat AC mobil hanya keluar angin saat macet, pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara Anda. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Coba perhatikan penjelasan di bawah ini tentang bagaimana penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin.

Filter Kabin Kotor

Penumpukan debu dan kotoran sering terjadi pada filter kabin AC Mobil. Filter kabin yang kotor menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Selalu ganti filter kabin setiap jarak 10.000 KM atau 3–6 bulan untuk mengantisipasi AC mobil tidak dingin.

Evaporator AC mobil merupakan komponen yang paling rawan bermasalah. Nah, filter kabin AC mobil memiliki fungsi yang penting yaitu menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke evaporator. Tidak semua kendaraan roda empat terpasang filter kabin AC mobil. Beberapa type mobil bisa dipasangi housing untuk menambahkan filter kabin. Konsultasikan ke bengkel langganan Anda ya, sebelum memutuskan memasang filter tambahan AC mobil.

Puli Kompresor Tidak Berputar

Belt pada kompresor berfungsi menggerakan puli pada kompresor dan menghubungkannya dengan power steering, water pump, alternator dan kipas pendingin. Belt yang putus mengakibatkan kompresor tidak bisa bekerja. Hal ini karena kipas pada pendingin radiator dan pompa air pada mesin mobil tidak berfungsi yang mengakibatkan overheating dan pada akhirnya, mobil menjadi mogok.

Selain itu, hal ini juga mengakibatkan AC mobil tidak dingin hanya keluar angin karena tidak ada proses pendinginan freon AC di evaporator yang juga dilakukan kipas pendingin radiator. Selain itu, indikator gambar baterai pada dashboard juga akan menyala karena altenator atau dynamo ampere tidak bekerja.

Kehabisan Freon

Freon pada sistem AC mobil bersifat sirkulasi. Tidak ada alasan freon habis tanpa adanya kebocoran. Dalam system AC mobil, freon berfungsi sebagai media pendingin. Tanpa adanya freon yang memadai, AC mobil hanya keluar angin saja, tanpa hawa dingin.

Yuk, dari pada cuma membaca ulasan ini lebih baik datang langsung ke Bengkel kami. Dijamin AC anda kembali dingin seperti semula.

WhatsApp chat